Meredam Kekhawatiran

FullSizeRender 14.jpg

Beberapa pekan lalu aku membantu Mas Yudha menutup jok motornya setelah mengisi bensin di Jalan Magelang. Aku ‘memukul’ joknya dengan pergelangan tangan kiri dan seketika itu juga aku merasakan nyeri. Setelah itu aku merasakan nyeri di pergelangan tangan kiri setiap melakukan manuver-manuver tertentu. Beberapa hari belakangan ini aku merasakan nyeri itu juga muncul saat aku mengistirahatkan tanganku. Sudah dari agak lama ingin membebat tangan yang nyeri ini tapi karena niat tak sebulat angan, pembebatan belum sempat terealisasi.

Baru kemarin aku menemukan perban elastis di mobil Papi. Alhamdulillah setelah membebatnya langsung terasa lebih nyaman dan dalam keadaan istirahat pun tidak lagi nyeri.

Mungkin ini sprain (wrench or twist the ligaments of an ankle, wrist, or other joint violently so as to cause pain and swelling but not dislocation) dan obatnya RICE.

R – rest -> bagian yang nyeri diistirahatkan. Tidak digunakan dulu untuk beraktivitas atau melakukan manuver ekstrim.

I – ice -> bagian yang nyeri diberi es di permukaannya selama 20 menit 3 kali sehari pada 24-72 jam pertama (yang dibalut dengan kain/handuk sebelumnya, supaya tidak kontak langsung dengan kulit). Setelah bengkak hilang, tempelkan air hangat di permukaannya.

C – compression -> akan membantu mengurangi bengkak, nyeri, dan membantu mengisitirahatkan bagian yang sakit. Jangan terlalu kencang saat membebat dengan perban elastis.

E – elevation -> untuk meminimalisir bengkak, bagian yang sakit ditinggikan sedikit ketika beristirahat, tidak perlu lama-lama.

**

Sebenarnya aku ragu kalau pergeangan tanganku sprained karena kalau dilihat dan diperhatikan tidak ada tanda peradangan. Takutnya malah patah tulang barang sedikit, atau fraktur patologis gitu #maaplebay.

Semoga setelah pembebatan ini ada perbaikan jadi tidak perlu ke dokter. Terima kasih untuk atensinya ya, maaf kalau bikin kaget menebarkan foto tangan diperban di instagram. Tetap sehat semuanya! Semoga puasanya lancar :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s