1 Juni 2017

“Selamat Hari Lahirnya Pancasila!”

adalah kalimat yang memenuhi timeline media sosial di berbagai platform. Seperti halnya manusia yang sedang ulang tahun,

“Selamat ulang tahun!”

yang diucapkan satu tahun sekali, itu pun sering terlupa dan mungkin ingat kalau ada teman yang mengucapkan di media sosial atau iseng buka Facebook dan muncul notifikasinya. Ngucapin kok ya ngga kenal deket, ngga ngucapin kok semua orang ngucapin… Serba salah karena sudah terunggah. Sedikit geli di hati saya pribadi karena ucapan itu seperti hanya menjadi trend, dimana semua orang mengunggah foto dengan bertuliskan “Saya Indonesia, Saya Pancasila.”

Hati manusia siapa yang tau, wallahu a’lam. Siapa saya meng-hanya-kan postingan rakyat Indonesia. Ingat dan ikut menggelorakan semangat Pancasila sudah baik, meski implementasinya nanti dulu. Kembali lagi, wallahu a’lam, tiada hati dan kata dari tulisan ini yang ditujukan untuk menyinggung siapapun.

**

“Yogyakarta untuk Indonesia”

adalah semangat yang dikirimkan dari Kota Pelajar ke seluruh penjuru Indonesia, sore ini. Sri Sultan Hamengkubuwono X dan tokoh masyarakat, lembaga-organisasi-lingkaran dari berbagai golongan/aliran dan juga ratusan pelajar Kota Yogyakarta di Keraton, bersama warga Yogyakarta duduk bersila dan menjaga api ‘bakti kepada negeri’. Puasa tidak menghalangi warga menyatukan suara dan jiwa untuk menggelorakan Pancasila.

Hari ulang tahun manusia, tidak semua orang lupa dan tidak semua yang mengucapkan hanya mengikuti arus, karena masih ada pula yang benar-benar peduli dan menunggu memperingati dengan sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Sama seperti Hari Lahirnya Pancasila, banyak juga yang mengunggah tulus dari hati, yang melakukan pergerakan di sana-sini, yang benar-benar menyayangi.

Peringatan 1 Juni 2017 ini membuktikan bahwa Indonesia tidak sendiri dan Pancasila masih di hati.

**

Tulisan ini juga menjadi bukti bahwa di luar sana masih banyak Pemuda yang berdiri di bawah satu payung, Indonesia. Dan bahwa kekhawatiran para pini sepuh tentang apatisme generasi muda bisa sedikit berkurang kadarnya.

Semangat Indonesia! Semangat Pancasila!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s