Kongres Pancasila IX

Melihat fenomena zaman sekarang, dimana generasi muda mulai melangkahkan kakinya menjauhi Pancasila, mengganti kiblatnya ke “Barat”, dan mulai lupa akan jati dirinya, Kongres Pancasila hadir untuk merangkul generasi yang peduli untuk menyuntikkan kembali jiwa Pancasila ke dalam aliran darah generasi muda dengan mendiskusikan hingga merumuskan solusi dalam menghadapi isu-isu terkini di Bumi Pertiwi.

Kongres Pancasila I dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2009. Sejak saat itu, Kongres Pancasila rutin dilaksanakan di Indonesia setiap tahunnya. Tahun 2017 ini, Kongres Pancasila IX dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta juga menjadi momentum yang begitu istimewa yakni telah ditetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahirnya Pancasila yang berdasar pada Keputusan Presiden (Keppres) No. 24 Tahun 2016. Kongres Pancasila IX dibuka oleh Presiden Joko Widodo kemudian dilanjutkan dengan aubade 1.300 pelajar Daerah Istimewa Yogyakarta, menambah keistimewaan pelaksanaan kongres.

IMG-20170722-WA0007-1200x800.jpg

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, berupa Kursus Pancasila (21 Juli 2017) dan Kongres Pancasila (22-23 Juli 2017). Tema besar yang diusung pada kongres tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Bangsa: Dinamika, Tantangan, dan Aktualisasi di Indonesia“. Tema tersebut kemudian dibagi menjadi lima sub-tema agar pembahasan kongres dapat menyeluruh dan mendalam dalam waktu yang terbatas, yakni:

  1. Sub Tema I : Deradikalisasi dan Tantangan Pembudayaan Pancasila di Media Sosial.
  2. Sub Tema II : Kurikulum Pendidikan Pancasila di Berbagai Jenjang Pendidikan
  3. Sub Tema III : Tantangan Pancasila di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial, Agama, Budaya, Pertahanan dan Keamanan.
  4. Sub Tema IV : Pancasila dan Generasi Muda
  5. Sub Tema V : Tanggungjawab negara dan masyarakat dalam Mengaktualisasikan Pancasila

Antusiasme generasi peduli ternyata sangat besar. Balai Senat UGM selalu penuh oleh peserta, bahkan panitia harus menyiapkan kursi di luar Balai Senat karena Balai Senat sudah penuh, sedangkan peserta masih terus berdatangan.

IMG_3552IMG_3555

Cita-cita Pancasila sebagai Dasar Negara tidak semata untuk Indonesia, melainkan untuk peradaban dunia. Semoga cita-cita besar tersebut dapat terwujud dan generasi muda mampu menggelorakan Jiwa Pancasila sesuai tema besar yang digunakan pada Kongres Pancasila IX, Pancasila Jiwa Bangsa.

Salam Pancasila!

photosource

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s