Tips & Tricks 6: “Wedding? What Should I DO?”

Keep calm. Banyak yang panik setelah tanggal pernikahan mereka sudah ditentukan, kenapa? Because they start it from totally zero. Mau tau biar ngga start from zero dan datang ke vendor ploga-plongo? Baca ini dulu. :p

Setelah mantap dengan konsep pernikahan, kamu perlu cari tau vendor-vendor yang bisa merealisasikan ide-ide kamu. Informasi bisa didapatkan dimana aja, tergantung kita mau nyari apa engga. Jadi, jangan males untuk sekadar cari tau, girls. Kalau udah mantap, bisa baca tulisan sebelum ini ya. ;)

Selain vendor, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi ribuan chat dari vendor, puluhan telefon dari vendor dan sejuta pikiran tentang details konsep kamu. Nah ini yang perlu kamu lakukan untuk mempersiapkan pernikahan. This is gonna be a long writing but please bear with me.

  1. OLAHRAGA
    Aku dulu sempat ikut kelas fitness sebulan, yang rutin aku jalankan seminggu (HAHA). Tapi sedih sih ngga bisa ngelanjutin, karena it actually helps a lot! Badan jadi bugar, pikiran jadi segar, aktivitas jadi lancar #asik #itrhymes. Olahraga rutin ini jangan cuma dilakuin waktu mendekati hari H pernikahan kamu. Lakukan 1-2 tahun sebelumnya (berarti sekarang!), karena kalau udah H-6 bulan, percaya deh ngga bakal sempet (kalau kamu yang handle acaranya sendirian). And body building takes time, sis. Dan ngga perlu ikut kelas fitness segala kalau udah mendekati hari H. Berenang, lari, nyepeda, etc, yang murah meriah aja lah, wedding itu butuh biaya banyak. Mending uangnya dilarikan ke details yang kamu inginkan, atau untuk tabungan kamu aja.
    Tips: DON’T do it for your husband, do it for yourself.
  2. Hair & Body Treatment
    Ngga cukup kalau waktu kamu cuma 2 bulan untuk melakukan ini semua. Lakukan sejak 1 tahun sebelumnya. At least sebulan sekali lah, kalau ada budgetnya. Karena pakai krim gitu ngga mungkin hasilnya langsung cling. Do the bikini line, elbow & knee whitening, keratin/ion rambut dan coba potong dengan gaya berbeda yang fresh. Kalau kamu ngelakuin ini semua 1 tahun sebelumnya, kamu punya banyak waktu buat coba-coba. Dan trust me, H-3 bulan itu vendor-vendor dan keluarga kamu udah mulai panik dan kamu ngga akan punya waktu buat sekadar memanjakan dirimu. SUER!
    Tips: Jangan pernah RATUS menjelang hari H. Karena itu bakal bikin keset banget padahal you really need to get wet (maav pulgar). Dan kadang ada beberapa cowo yang ngga seneng sama aroma rerempahan yang nyengrak (it stays for 2-3 days around your V).
    Tricks: Do lulur whitening instead.

  3. Facial Treatment
    Facial untuk mengangkat sel-sel mati boleh lah. IPL di NMW Skin Care juga boleh biar lebih kinclong. Tapi maksimal facial, peeling, laser, atau apapun itu 2 minggu-an sebelum hari H ya, karena reaksi kulit setiap orang kan beda-beda.. Kadang niat hati mau bikin kinclong tapi hari H malah make up-nya ngga nempel kan sayang ya. Intinya jangan coba-coba/ngotak-atik wajah cantik kamu H-2 minggu, kalau ada apa-apa (naudzubillah) you’ve no time to fix it.

  4. Buat Check List
    Bagi yang udah beli buku-buku panduan menikah, yaudah tinggal dibaca-baca sambil dilakuin to-do listnya. Bagi yang belum beli, pinjem yang udah beli terus dilakuin. :p Ngga deng, bikin aja sendiri, gampang kok. Bikin juga deadlinenya jadi kamu lebih bisa ngatur waktunya. Nanti kalau aku lagi niat, aku kasih lihat checklist ku dalam versi rapi dan lucu yaaa :)
  5. Minum Suplemen
    Don’t forget your pills to chill. Tablet besi, asam folat, vitamin C, vitamin E.
  6. SHOLAT
    Sumpah, berdoa. Bakal banyak banget tantangan dan rintangan. Jangan dipikir “kalau jodoh semua pasti lancar” itu beneran lancar ya. Lancar itu karena kamu nyuwun kalih Gusti. Selain itu, kamu juga perlu terus menitipkan doa ke orang tua/yang dituakan. Serius doa dan restu beliau-beliau itu ngaruh banget.
  7. Kerjasama dengan Pasangan
    Sering obrolin tentang konsep kamu. Biasanya yang bikin ribet itu urusan: (1) ada ngunduh mantu/acara resepsi yang digelar oleh mempelai pria atau engga, (2) jatah undangan dan mantan diundang apa engga, (3) transportasi dan akomodasi keluarga calon besan (kalau engga di satu kota yang sama), (4) urun konsep (bagi yang acaranya dijadikan satu–termasuk upacara adat mana yang harus dilaksanakan).
    Bagi yang lagi LDR, usahakan tetap jaga komunikasi. Kalau weekend atau di waktu senggang tetap upayakan untuk bicarakan sekilas acara besar kalian berdua.
    Tips: awali dengan dreams kamu dan dia tentang membangun rumah tangga ya, supaya kalian berdua semakin mantap dan berada di misi yang sama. ;)

Dah segitu dulu, nanti kalau ada tambahan (dari kalian juga boleh banget lhooo) bakal langsung aku masukin ya, kadang tanpa pemberitahuan, jadi sering-sering aja mampir ;)

Hope it helps! :)

photo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s