Tips & Tricks 7: Pengajian

I’m sorry if this post is not universal.

Persiapan pengajian ini terbilang lumayan effort dibandingkan acara intinya karena merupakan acara pertama dari seluruh rangkaian yang ada, jadi masih semangat-semangatnya untuk nyiapin pernak-perniknya. I prepared the souvenirs all by myself. Dealing with design is never easy for me, especially when it comes to printing it. Saking effort-nya, main ke rumah Laras sampai bawa kartu ucapan yang harus aku potong-potong dan garisin pakai spidol emas. Bukan karena mau details-nya jadi spesial atau mau hemat biaya, cuma karena kurang kerjaan aja (because I wasn’t really aware that I need to prepare more important things i.e.: calling the wedding vendors, dealing with the concepts, searching for inspirations, etc).

Jadi, kalau kamu mau mengadakan pengajian, here are some of things to add on your check list:

  1. Tamu Undangan
    – Apakah ibu-ibu pengajian? Apakah dari Panti Asuhan?
    – Berapa jumlah tamu undangan?
    – Adakah dresscode untuk tamu undangan?
  2. Waktu dan Tempat
    Kalau aku, acaranya sore setelah Ashar dan selesai sebelum Maghrib, karena tamu undangannya bisanya jam segitu. Acara diadakan di rumah, lebih tepatnya di depan rumah (nutup jalan gitu).
  3. Penceramah
    THIS is very important, buat aku sih. Karena aku pribadi pingin isi ceramahnya yang general, yang bisa diterapkan ngga cuma untuk yang beragama Islam aja. Dan harapannya ketika pulang dari acara ini tamu undangan jadi punya bahan renungan dan insya Allaah ngga cuma masuk telinga kanan keluar kiri. I KNOW, ngga ada ceramah yang sia-sia. What I’m trying to say here is kadang ada penceramah yang fokusnya hanya pada satu titik aja kan, jadi kadang bikin tamu undangan yang non muslim ngga nyaman, atau malah isi ceramahnya ngga fokus untuk pengajian pernikahan, dsb. Syukur kemarin yang ceramah waktu pengajianku bagus banget dan sangat praktikal. :”)
  4. Konsumsi
    Karena acara di tempatku kemarin bukan waktu untuk makan, jadinya konsumsi dipesankan nasi box dan snack box. Hanya minuman teh hangat yang dihidangkan setelah mengaji.
  5. Souvenir
    Ini totally optional. Acaraku kemarin bingkisannya kerudung sama pasmina (untuk tamu non muslim) aja.
    Tips: Cari yang praktis aja karena pengajian bukan inti acara pernikahan kamu. Inti di pengajian ini adalah kepasrahan hati kamu :”)
  6. Dokumentasi
    Penting juga sih ini, cuma kemarin acaraku kurang matang persiapannya (baca: ngga pedulian sama dokumentasi)Jadi pakai jasa sedulur yang ternyata WOW banget hasilnya. Tapi karena bukan kerjasama profesional, jadi ngga enak minta aneh-aneh. HAHA.
  7. Buku Doa
    Ini aku bikin H-4 deh kayanya, lupa. Awalnya ngga pingin bikin buku doa karena yang diundang adalah ibu-ibu pengajian, keluarga, tetangga dan kerabat dekat. Jadi most of them diasumsikan sudah punya buku doa kan. Tapi rasanya gatel pingin bikin buku doa. Akhirnya aku coba cari-cari di Google untuk isian doanya, terus desain sendiri covernya, terus ke percetakan sendiri cuma buat nyetakin 3 buku (buat aku, Papi dan Mami). Waktu udah jadi bukunya then my mom was like, “Apik ya, kalau cetak 200 sekalian gimana?” And it was D-2. Assalamualaikum? Nyetaknya pakai kepretan tinta kali ya?
    Tips: Tentukan sekalian mau bikin souvenir buku doa atau engga, jangan sampai kaya aku. :”)
    Tricks: Aku share isian buku doa-ku kemarin ya. Untuk nama mempelai harap dicek lagi dan diganti dan ada beberapa doa yang bisa diganti sendiri (yang aku share ini hasil buruanku di Google, because I couldn’t find mine anymore). Klik dimari. Aku bikin cover sendiri, boleh cek dimari.
  8. Gamis
    Ini tergantung selera kalian sih mau pakai gamis baru atau engga. Awalnya aku ngga mau bikin baru, tetapi Kanjeng Mami sudah membelikan bahan jadi ya hamdallaah aja punya Mami super baik ye kan.

Nah segitu aja, karena acaranya cuma pengajian jadi ngga ada tips dan tricks khusus. Cuma ya itu, di setiap momen, usahakan ada tim dokumentasi yang udah ready dan ada ikatan kerja profesional. Jadi kamu punya kenang-kenangan yang kekinian dan bisa kamu konsep sesuai keinginan kamu. ;)

 

 

Terima kasih kepada:
– Konsumsi : Laras Catering feat. Ibu-ibu Jatimulyo Baru
– Make up & Hijab do : @ziamafada
– Hijab Organza : @hanifiyadhani & @putriariesanti
– Gamis : Mbak @christianaidahindra
– Photo & edit : Mas @muhammadwahyutama
– Reusable Nails : @crestichandra
– Pager Ayu terkasih terima kasih sudah hadir dan membantukuuuuuu (yang belum disebutkan di atas) : @sondanghazewinkl, @kirantrilaras, @aghnimira, @ofkr
– Tenda, kursi, sound : Java Wedding – Sanggar Niassari
– Keluarga Besar Sastrodibroto & Purwosugiyanto :”)

Thanks for reading! :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s