Tips & Tricks 13: Undangan Pernikahan #2

Udah pada tau kan sekarang bisa klik Tips & Tricks di bagian kategori biar cepet bacanya? Cari aja di bagian paling bawah dari halaman blog ini. Sip.

Sekarang aku akan mencoba menjelentrekkan Tips & Tricks undangan manten. Aku ngga akan membicarakan tentang bagaimana memilih vendor, aku asumsikan kamu udah tau mau pakai vendor apa, jadi langsung ngomongin stepsnya. Ada 3 hal besar yang perlu diperhatiken, dan bisa menyusun time table dari 3 poin besar ini, yaitu :

1. Visualisasi
Sampaikan konsep undangan keinginanmu ke vendor undangan. Tunjukin ribuan screenshots undangan orang lain ke vendormu. Kemudian minta dibuatkan dummy-nya. Ada beberapa vendor yang ogah bikin dummy sebelum ada Down Payment (DP). Ngga apa-apa, tanyakan aja di awal dia bisa bikinin dummy dulu engga, supaya kamu bisa tau apakah vendor yang kamu pilih mampu memvisualisasikan mimpimu dengan baik dan tepat.

Tips 1: Kalau kamu anak konglomerat dengan tamu jutaan dan kamu tipe anak detail yang perfeksionis, datangi vendor 1 tahun sebelumnya (kalau memang kamu sudah berencana sejak lama) atau kalau mepet banget 3-6 bulan karena akan banyak revisi dummy.

Tips 2: Saat proses visualisasi dummy, buat tabel di Excel dan mulai input data tamu undangan, biar ngga gelagepan waktu ditagih sama vendornya. Dan kamu bisa nyicil ngirim data ke vendor, supaya dibuatkan labelnya. Baca di post sebelum ini ;)

2. Produksi
Proses produksi ini lama atau engganya sangat tergantung dari konsep kamu, jadi tiap individu beda. Kalau punyaku kemarin bisa aku push 5 harian jadi karena undangannya cuma ala kadarnya, meskipun pakai hot print segala.

Tricks 1: Cetak berkala. Semisal ada tamu dari luar kota, kamu cetakin duluan, supaya bisa nyicil ayem.

3. Distribusi
Ini adalah yang paling krusial sih, karena kamu harus antisipasi sama “undangan kembali” karena alamat ngga bener atau orangnya pindah dsb.

Tips 3: Sebaiknya distribusi undangan dilakukan H-1bulan (dimulai dari yang terjauh dulu). Selain kamu bisa tenang karena undangan sebagian udah terdistribusi, kamu juga punya cukup waktu untuk mengurusi “undangan kembali” tadi. Dan sebagai tambahan, kamu ngga perlu bayar mahal untuk kurir express atau kilat.

Tips 4: Dalam susunan kepanitian pernikahan kamu, buat tim distribusi undangan dari masing-masing lingkaran, supaya lebih tepat sasaran. Jangan cuma penanggung jawab aja ya, soalnya riskan dan beban yang ditanggung terlalu berat nantinya. Misal FK UGM, yaudah yang lingkarannya disitu siapa, RS Sardjito siapa, dst. Pastikan mereka memegang daftar tamu undangan dan bisa melaporkan ke kamu siapa yang belum terdistribusi, siapa yang udah, siapa yang alamatnya salah. Lebih bagus lagi kalau tim itu bisa mencari cara supaya “undangan kembali” itu bisa terdistribusi dengan baik. ;)

Dari 3 poin itu buat time table sama vendornya. “Mas aku mau sebar undangan bulan Juli, proses produksi berapa lama untuk undangan segini? Oh yaudah berarti revisi maksimal sampai bulan depan ya. Sip.”

Segitu aja tentang undangan, kalau ada yang kurang nanti aku tambahin lagi. Anyway, makasih Nabila yang udah berbaik hati mau minjemin kamera barunya untuk kepentingan dokumentasi post wedding ku. Mwah!

Desain logo dan keseluruhan undangan oleh: Mas Yudhanto. Bagi kalian yang bingung cari orang buat desain apapun itu, ngga cuma undangan, kontak dia langsung aja, atau bisa lewat aku. ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s