One-Day Visit Program (1)

Tulisan ini merupakan satu dari tumpukan tulisan di folder draft yang kembali dibuka setelah mengerem segala aktivitas karena badan ambruk tapi otak tidak bisa diam. Mari kita recall perjalanan ke Seoul, Korea Selatan pada Maret 2016 silam. Selamat membaca!

**

Awal mula perjalanan ini hanyalah obrolan impulsif dua dokter muda (koas) yang membutuhkan liburan as soon as possible, yaitu seorang Agustina dan Sondang. Kemudian merekrut dua dokter muda yaitu Nabila dan Timothy. Tidak banyak waktu terbuang untuk berdiskusi dan menentukan destinasi wisata, mencari tiket, dan jadilah short getaway yang bisa dibilang bikin ketagihan.

Korea Selatan, Seoul adalah yang menjadi tujuan. Bukan soal K-drama yang lagi merambah ke lingkungan dokter muda, tapi soal makanan dan perawatan wajah yang menjadi incaran. Kalau saya pribadi, jujur ingin mencicipi semua makanan yang tampak nikmat di Running Man. Namun, perjalanan liburan dengan pemanfaatan waktu libur seminggu post stase Neuro menuju stase Pediatri terhitung foya-foya belaka jika tidak ada tujuan akademisnya, betul? Alhasil kami mengontak IRO FK UGM untuk menghubungkan kami dengan FK Seoul National University supaya kami dapat melakukan kunjungan akademis ke sana. Maksud hati supaya uang yang terbuang dapat berpindah, selain ke memori juga ke CV.

Department of Plastic Surgery jelas menjadi pilihan kami, karena di sana sangat terkenal dengan bedah plastik yang tidak hanya rekonstruktif tapi lebih ke arah kosmetik. Kami disambut hangat oleh kepala bagian bedah plastik, Prof. Kwon, Sung-Tack, disertai residen senior dan IRO FK SNU. Beliau-beliau menjawab beberapa pertanyaan yang kami kirimkan melalui email dan mengatakan rasa bahagia ketika kami mengontak mereka, because there were no programs like what we did before, dan mereka sangat terbuka dan ramah dan ingin agar hubungan FK UGM dan FK NSUH khususnya bagian bedah plastik tetap terjalin, meskipun dengan program kecil-kecilan seperti ini. Bahkan mereka mengatakan sangat kagum bahwa di sela-sela liburan, kami sebagai koas masih bisa menyempatkan untuk melakukan kunjungan akademis yang kaitannya dengan bidang medis. *tepuk tangan*

Here are some memories about that day:

**

Kami kesana dengan menyusun itinerary singkat ala-ala backpacker. Jujur, perjalanan itu adalah pertama kali bepergian jauh tanpa orang tua dan tanpa travel. Untung ngga culture shock, dari yang sebelumnya apa-apa selalu terima beres dan kali itu mengerjakan semua sendirian. I could only share some photos on our vacations because I forgot almost all of the details, sorry, it’s been too long (I know). And maybe all of the photos contains foods, because that was all we did, jajan.

 

 

Mungkin saya akan deskripsikan foto-foto di atas dengan lebih baik after I feel better ya, sekarang ini dulu diupload. Bagi yang penasaran sama itinerary dan details ceritanya, boleh mampir lagi. Insya Allaah tulisannya akan dikemas dengan lebih baik. ;)

One thought on “One-Day Visit Program (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s