Merasa Merugi

Sejak tahun 2016 hidup rasanya seperti lebih “nggelinding” dari sebelumnya. Menjalani hari pun ngga semua bermakna dan memiliki tujuan. Seakan hanya mengisi dentingan jarum jam yang beriringan dengan perubahan semburat cahaya di langit.

Aku termasuk salah satu manusia yang meyakini bahwa segala yang terjadi di dunia bukanlah tanpa alasan, pasti bertujuan (yang berujung baik) dan pasti atas seizin Tuhan. Bahkan hal terburuk pun pasti memiliki ujung yang baik, entah dirasakan oleh yang terkena kemalangan atau keturunannya atau orang lain yang tidak ada kaitan langsung dengannya.

Tapi 3 tahun terakhir, seolah itik yang kehilangan induknya, aku seperti berjalan tanpa arah dan tujuan. Meskipun masih tetap yakin bahwa pasti akan ada kebaikan nantinya, tapi “langkah gontai”-ku ini terasa mengganggu semakin hari. Pulang jaga pagi IGD hanya bisa kelelahan sambil merenungkan diagnosa dan terapi yang diberikan ke pasien-pasien. Berangkat jaga siang IGD hanya melamunkan betapa meruginya setengah hari ku karena pagi terbuang dengan “mengisi energi” untuk jaga hingga petang menghampiri. Saat jaga malam IGD hanya bisa terisak di hati kenapa pasien A sudah diberi injeksi masih mengaduh nyeri dan pasien B akan segera dioperasi tapi terhambat masalah administrasi.

Rutinitas seperti tanpa arti yang aku rasakan selama berhari-hari sejak magang (internship) seperti hanya menggerogoti diri dan menyeruakkan afek depresif. Merasa tidak berbuat banyak. Merasa belum menjadi seutuhnya manusia. Merasa sudah terlalu lelah padahal belum bergerak. Aku sering tertegun, betapa perawat dan bidan luar biasa hebat melakoni rutinitas yang melulu begitu sejak dulu dan merasa sudah tidak bisa kemana-mana. Apa aku yang terlalu mempersulit diri dan tidak bisa menikmati hidup dan terus merasa tidak puas?

Mungkin aku hanya butuh liburan, atau hiburan, atau sekadar pemaknaan diri yang lebih mendalam. Atau bisa jadi aku hanya kurang pandai bersyukur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s