Belajar Warna – Intro

Sebagai dokter internship yang diajarkan untuk teliti, kritis dan skeptis, saya jadi sering gemes kalau ada pasien yang ketika ditanya terkait keluhan sakitnya malah tidak tau, terkesan tidak peduli dengan kesehatannya sendiri. Contoh pasien diare, yang dia tau cuma buang air besar (BAB) cair dan bolak balik ke kamar mandi dan lemas. Tapi tidak memperhatikan apakah terdapat lendir atau darah pada cairan BAB-nya. Contoh lain pasien pilek yang keluar ingusnya. Ketika ditanya warnanya apa, mulai pilek sejak kapan, kalau dipakai sujud terasa nyeri atau tidak, dsb, pasien tidak tau.

Sebagai seorang dokter, saya menganggap hal tersebut aneh. Kok bisa dia tidak aware terhadap perubahan yang terjadi pada dirinya? Tapi saya sadar, mungkin bukan maksud pasien-pasien tadi untuk memiliki sikap seolah tidak peduli, tapi mungkin karena mereka belum tau apa pentingnya memperhatikan hal-hal kecil seperti itu.

Berangkat dari motivasi simpel seperti itu, saya memutuskan untuk mencoba mengedukasi netizen yang mengikuti saya melalui beberapa platform media sosial terkait WARNA. Apa saja perubahan yang perlu diketahui terkait warna pada tubuh kita? Kenapa perlu tau? Apa bahayanya jika warna berubah?

Semoga niat ingsun untuk turut berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 alenia ke-empat, dapat tersampaikan dengan baik. Dan semoga tugas saya sebagai dokter umum yaitu menjalankan fungsi preventif (pencegahan) dan promotif (promosi) kesehatan dapat terlaksana, dengan adanya kemudahan sosial media dewasa ini.

Bismillaah.. selamat belajar! :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s