Membuka Kemungkinan

Papi pernah cerita tentang “kemungkinan” or let’s say, probability. Beliau, katanya, berpuluh-puluh kali mendaftar untuk bisa sekolah ke luar negeri. Tapi selalu gagal, dan katanya yang bisa lolos beasiswa dan berangkat sekolah ke luar itu selalu lulusan Jakarta, sedangkan Papi lulusan Yogyakarta. Hingga pada suatu ketika ada bukaan pendaftaran sekolah luar negeri lagi. Sempat terbersit dalam benak beliau untuk tidak mendaftar. “Buat apa? Percuma, toh yang diterima selalu dari Jakarta. Tidak mungkin bisa lolos”, he told himself back then. Tapi akhirnya beliau tetap mendaftar dengan berpegang pada prinsip,

“…kalau proposal ini saya kirim, kemungkinannya ada dua: diterima atau ditolak. Tapi kalau saya tidak mengirimkan proposal, hanya ada satu hal yang pasti: tidak akan ada kesempatan untuk diterima”.

And he made it! Beliau lolos dan bisa sekolah di Belanda dan dapat menjalin relasi yang sangat baik untuk Sardjito dan VUMC. :)

***

Menerka-nerka apa yang akan terjadi selanjutnya atau apakah keputusan yang diambil itu tepat memang bukan hal yang mudah. Sama saja seperti berjudi dengan kehidupan, I’d say. Tapi kemungkinan itu bersanding dengan kesempatan, menurutku pribadi. Untuk mencapai hasil di ujung sana, yang notabene masih berupa “kemungkinan”, harus ada kesempatan, dan harus mengambil kesempatan itu. Dengan kata lain, kita membuka pintu kemungkinan.

Keraguan akan kesuksesan, dan ketakutan akan kegagalan pasti menghantui kita sebagai manusia. Itu merupakan hal yang wajar karena manusia hanya bisa mengupayakan tanpa bisa mengintip apa yang akan terjadi di masa depan. Karenanya, manusia harus senantiasa membuka segala kemungkinan yang ada.

Open your mind and take every chances. Be brave to take every risk and enjoy the process.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s